Blog Yang Mengulas Secara Lengkap Cara Diet, Cara Menghilangkan Jerawat, Efek Samping, Manfaat dan Khasiat, Penyakit

Jumat, 24 Juni 2016

Kista Bartholin, Definisi Dan Cara Pengobatan Kista Bartholin Beserta Cara Mencegahnya

Kista Bartholin, Definisi Dan Cara Pengobatan Kista Bartholin Beserta Cara Mencegahnya - Kista bartholin terjadi karena adanya oklusi saluran utama pada kelenjar vulvovaginalis bartholin. Besarnya kista bartholin ini hanya sebesar kacang polong saja. Kista bartholin ini bisa menyerang beberapa wanita yang masih dalam usia yang sangat produktif. Seperti wanita pada usia yang berkisar antara 25 sampai 40 tahun. Sangat jarang ditemui jenis kista bartholin ini dimiliki oleh wanita yang berumur 40 tahun keatas. Di negara Amerika Serikat sendiri penderita kista ini sekitar 2 persen dari seluruh jumlah penduduk wanita yang ada di Amerika. 

Kista Bartholin, Definisi Dan Cara Pengobatan Kista Bartholin
Kista Bartholin, Definisi Dan Cara Pengobatan Kista Bartholin

Kista Bartholin, Definisi Dan Cara Pengobatan Kista Bartholin Beserta Cara Mencegahnya


Banyak juga para pakar yang mengatakan bahwa kista ini berasal dari peradangan dan trauma sehingga menyebabkan dilatiki kistik dukus. Ketika ukuranya masih kecil tidak jadi masalah namun jika kista ini sudah membesar maka yang akan terjadi adalah adanya nyeri-nyeri yang ada di perut seorang perempuan. Dan jika tetap dibiarkan terus menerus maka penyakit kista akan semakin membesar dan akan menjadi pecah didalam organ intim seorang wanita.

Besarnya kelenjar kista bartholin hanya sebesar kacang polong saja, sehingga akan sangat sulit untuk diraba. Ketika masa remaja kelenjar ini berfungsi untuk memberikan kelambapan pada vestibulum. Namun ketika sudah menginjak masa dewasa kelenjar ini sebagai pelumas ketika bersenggama.

Cara Pengobatan Kista Bartholin 


Adapun untuk masalah pengobatannnya kista bertholin tergantung pada :

1. Besar dan kecil nya kista
2. Seberapa parah kista
3. Seberapa parah jika dibiarkan 

Pengobatan kista bartholin dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Mandi Sitz

Mandi sitz atau yang biasanya disebut dengan mandi berendam dengan air hangat sangat dianjurkan untuk Anda yang menderita kista ini. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa berendam sebanyak empat kali dalam satu hari. Untuk mengurangi agar jangan sampai kista semakin berkembang di dalam rahim Anda.

2. Anti Biotik 

Ketika dokter sudah menyatakan bahwa seseorang mengandung kista ini, maka sebaiknya suami atau keluarga yang lain meminta kepada dokter suntik anti biotik, agar keluarga orang yang menderia penyakit ini semakin kebal dengan penyakit kista.

3. Marsupialization

Ketika seorang dokter sudah menyatakan sudah mendiagnosa bahwa seeorang sudah menderita penyakit kista bartholin, maka biasanya para dokter akan mengambil jalan dengan melakukan marsupialization. Prosedur ini adalah dengan mengeringkan beberapa kelenjar yang ada di dalam rahim. Pengeringan yang ada di dalam rahim ini berfungsi agar kelenjar menjadi mati dan juga mudah sekali untuk dihilangkan pada rahim. Anda pun tidak perlu khawatir jika melakukan prosedur ini karena prosedur ini sangat tidak berbahaya, setelah satu bulan seseorang akan sembuh seperti sedia kala.

Cara Pencegahan Kista Bartholin


Setiap penyakit pasti ada penyembuhnya dan juga obatnya, tak terkecuali dengan penyakit kista bartholin ini. Karena sebenarnya pencegahan penyakit kista ini pun cukup mudah dan tidak mebutuhkan biaya mahal. Cukup membersihkan dengan teratur area intim seorang wanita dengan air bersih dan juga mengalir. Selain itu sex bebas sangat-sangat harus dijauhi karena akan sangat berbahaya bagi area intim seorang wanita. Banyaknya virus bakteri dan jamur yang akan berpindah dari seseorang ke seseorang yang lain sangat mungkin terjadi jika seseorang memang sering melakukan sex bebas bersama orang lain.

Nah ladies gimana sudah paham kan. Jangan pernah deh mengganggap remeh suatu penyakit karena penyakit jika dibairakan lama kelamaan akan sangat berdampak buruk buat kesehatan kita. Satu hal yang pasti jaga kebersihan dan jauhi sex bebas merupakan salah satu hal yang harus dilakukan agar tak dengan mudah terserang dengan berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan organ intim. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kista Bartholin, Definisi Dan Cara Pengobatan Kista Bartholin Beserta Cara Mencegahnya

0 komentar:

Posting Komentar