Blog Yang Mengulas Secara Lengkap Cara Diet, Cara Menghilangkan Jerawat, Efek Samping, Manfaat dan Khasiat, Penyakit

Rabu, 26 Oktober 2016

Manfaat Kol Untuk Kesehatan

Manfaat Kol Untuk Kesehatan - Kol atau yang sering Indonesia menyebutnya dengan kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang baik dan tergolong sayuran yang sehat. Khasiat dan manfaatnya pun sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan kita. Dengan banyaknya kandungan vitamin yang ada di dalam sayur kol ini maka di hampir setiap warung baik yang berkelas mahal maupun kaki lima selalu menggunakannya sebagai sayuran pelengkap. 

Manfaat Kol Untuk Kesehatan
Manfaat Kol Untuk Kesehatan
Kol atau kubis awalnya bukan datang sendiri ke Indonesia melainkan sayuran yang awal mula tumbuh di negara-negara Eropa sana. Namun karena sifatnya yang mudah sekali di kembang biakkan jadinya hampir di semua belahan dunia sayuran ini ada. dan berkembang dengan sangat pesat. 

Adapun kandungan yang ada di dalam kol sangat banyak sekali mulai dari serat, zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin B kompleks dan juga kalsium. Dengan begitu banyaknya kandungan makanya sayuran ini menjadi favorit ibu-ibu untuk dimasak. Adapun untuk kesehatan sayuran ini juga sangat berguna diantaranya adalah : 

1. Manfaat Kol Untuk Mencegah Anemia

Manfaat pertama yang bisa kita peroleh dari kol adalah kandungan zat besi yang ada di dalam kol sangat tinggi, hal ini lah yang akan menjauhkan kita dari kekurangan sel darah merah apalagi jika kita kombinasikan dengan jus jeruk manfaat dari kol yang mengeluarkan zat besi akan mampu diserap dengan optimal dengan jus jeruk tersebut. 

Baca juga : Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

2. Manfaat Kol Untuk Mencegah Kanker 

Manfaat berikutnya dari kol adalah memerangi kanker. Zat aktif yang ada di dalam kol atau jenis kubis-kubisan yang lain mampu mengurang tumbuhnya kanker di dalam tubuh, sebuah penelitian yang dilakukukan di China menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kol dengan rutin maka akan terjauh dari yang namanya kanker payudara. 

3. Manfaat Kol Untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi 

Kalium yang ada di dalam sebuah kol sangat tinggi, dengan tingginya kalium yang ada di dalam kol menjadikan seseorang akan terjauh dari yang namanya hipertensi, mungkin jika Anda salah satu yang memiliki Hipertensi maka sebaiknya Anda mulai mengkonsumsi sayuran ini karena hipertensi yang Anda miliki mampu dikontrol dengan baik lewat sayuran ini. 

4. Manfaat Kol Untuk Menguatkan Imun Tubuh

Mungkin yang kita tahu bahwa jeruk, apel kaya akan vitamin C. Namun satu hal yang perlu kita tahu juga bahwa kol juga sangat kaya akan vitamin C. Dengan vitamin C yang tinggi pada kol menjadikan Imun yang ada di dalam tubuh Anda akan menguat, selain imun yang akan diperkuat kulit dan juga wajah Anda pun akan semakin halus mulus dengan mengkonsumsi kol secara rutin. 

5. Manfaat Kol Untuk Menurunkan Berat Badan

Overweight merupakan musuh utama baik laki-laki maupun perempuan. Namun Anda tak perlu khawatir dengan mengkonsumsi kol secara rutin Anda akan secara perlahan-lahan mulai turun berat badannya, hal ini disebabkan karena kandungan kalori serta serat yang ada di dalam kol mampu membuat tubuh Anda menjadi langsing. 

6. Manfaat Kol UntukMencegah Radikal Bebas

Kandungan vitamin C dan juga sulfur yang ada di dalam kol mampu memberikan sebuah efek positif bagi tubuh. Karena dengan mengkonsumsi dua zat tersebut maka tubuh akan terjauh dengan yang namanya radikal bebas dan juga berbagai macam racun yang ada di dalam tubuh manusia. 

7. Menjaga Kesehatan Mata

Bagi Anda yang berumur 50 tahunan lebih maka penyakit pun akan sering mengunjung kesehatan Anda, salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang yang sudah berumur adalah penyakit katarak. Penyakit ini sering dialami karena tubuh kekurangan beta karoten. Sayur kol memliliki beta karoten dalam jumlah yang banyak, dengan tingginya beta karoten yang ada di dalam mata maka otomatis pembentukan katarak yang ada di dalam mata akan terhindar dengan perlahan-lahan. 

8. Menguatkan Tulang

Mungkin kelak di hari tua nanti Anda tidak menginginkan menjadi bungkuk karena keroposnya tulang bukan? Nah salah satu solusi dari permasalahan tulang adalah dengan mengkonsumsi kol. Kandungan kalsium yang ada di dalam kol juga hampir mirip dengan apa yang ada di dalam satu gelas susu. Dengan rajin mengkonsumsinya maka Anda akan terjauh dari berbagai penyakit tulang yang ada pada tubuh Anda. 

Baca juga : Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

9. Manfaat Kol Untuk Menjaga Kesehatan Janin

Bagi ibu kehamilan merupakan suatu anugerah yang sangat luar biasa yang diberikan oleh tuhan yang harus senantiasa dijaga dengan baik salah satu yang bisa menjaganya adalah sayur kol. Kandungan asam folat yang tinggi yang ada di dalam kol bisa menjamin kesehatan janin yang ada di dalam rahim seorang ibu. Kol juga sangat cocok untuk para ibu yang sangat tidak suka dengan mengkonsumsi susu.

Demikian tentang Manfaat Kol ( Kubis ) Untuk Kesehatan sayuran ini sangat cocok jika disantap sebagai makanan tambahan seperti pecel lele dan lain-lain. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kol Untuk Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar