Blog Yang Mengulas Secara Lengkap Cara Diet, Cara Menghilangkan Jerawat, Efek Samping, Manfaat dan Khasiat, Penyakit

Selasa, 25 Oktober 2016

Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

Manfaat Rebung Untuk Kesehatan - Rebung atau sering orang jawa menyebutnya dengan “bung” merupakan salah satu tanaman yang sudah tidak asing lagi buat kita. Makanan ini awal mulanya tumbuh di dataran China. Tumbuhan ini biasanya tumbuh subur di dekat pohon bambu yang merupakan makanan wajib bagi para panda. Rebung merupakan salah satu makanan yang sangat disukai oleh warga China dan juga Jepang sayuran ini sudah ada sejak 2500 tahun yang lalu. 

Manfaat Rebung Untuk Kesehatan
Manfaat Rebung Untuk Kesehatan
Selain nikmat dan juga lezat ternyata rebung juga kaya akan khasiat dan kandungan yang luar biasa untuk tubuh seseorang. Kandungan utama yang ada di dalam rebung adalah gula, garam, lemak, asam esensial dan juga masih banyak nutrisi yang terkandung di dalam satu buah rebung. Dengan kandungan nutrisi yang begitu banyak maka tak salah jika rebung banyak diburu untuk kesehatan. Sama halnya dengan bayam, manfaat bayam untuk kesehatan juga sangat banyak.

Jika Anda belum paham dan tidak mengetahui apa saja manfaat rebung untuk kesehatan, jangan khawatir. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari rebung untuk kesehatan manusia diantaranya adalah : 

1. Manfaat Rebung Untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang menginginkan memiliki berat badan yang ideal maka tak salah jika Anda mengkonsumsi rebung sebagai sayur piihan. Karena di dalam satu buah rebung memiliki lemak jahat yang sangat sedikit sekali bahkan dibilang hampir tidak ada. dengan rendahnya lemak yang ada di dalam rebung maka tak ada salahnya jika Anda memulai mengkonsumsi rebung sebagai pelengkap Anda untuk makan setiap hari. 

2. Manfaat Rebung Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap berbagai macam sayuran yang ada, ditemukan bahwa salah satu kandungan yang ada di dalam rebung adalah pitosterol dan juga fitonutrein yang tinggi dengan tingginya dua zat tersebut maka Anda akan merasakan manfaat yang luar biasa dalam tubuh. Dua zat tersebut jika sudah bergabung maka akan menetralisir dan juga menghilangkan lemak jahat ( LDL ) yang ada di dalam tubuh. Hilangnya lemak jahat maka kesehatan jantung Anda akan senantiasa terjaga dengan baik. 

3. Manfaat Rebung Untuk Mengurangi Resiko Kanker

Kandungan lain yang ada di dalam rebung adalah plavon, amilase dan juga klorofil. Klorofil yang ada di dalam sebuah rebung sangat baik untuk mengendalikan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh dan mengontrolnya dengan baik. Selain itu juga ada zat Fitokimia yang berguna untuk mencegah sel kanker tumbub di dalam tubuh manusia.

4. Manfaat Rebung Untuk Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Sebuah rebung juga kaya akan anti oksidan. Dengan antioksidan yang tinggi yang terdapat dalam sebuah rebung maka seseorang akan memiliki sistem imun yang sangat kuat dan akan terjauh dari berbagai macam penyakit baik penyakit yang ringan maupun penyakit yang berat.

Baca juga : Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

5. Manfaat Rebung Untuk Menyehatkan Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang terkadang mengalami masalah dengan perut Anda maka tak ada salahnya jika mengkonsumsi rebung. Kandungan serat yang ada di dalam sebuah rebung diyakini mampu membuat pencernaan menjadi lebih lancar, selain pencernaan menjadi lebih lancar serat yang ada di dalam rebung juga sangat baik untuk kesehatan usus dan organ pencernaan lain yang ada di dalam tubuh. 

6. Manfaat Rebung Untuk Mengobati Bisul 

Sebuah penelitian yang dci lakukan oleh Muniappan dan Sundararaj dari India mengatakan bahwa rebung memiliki sifat alami yaitu sebagai agen anti inflamasi dan juga analgesik. Analgesik merupakan salah satu penawar rasa nyeri yang sangat baik untuk tubuh. Dengan analgesik yang tinggi maka luka bakar, mbisul dan lain-lain akan sembuh dengan segera karena sayuran yang satu ini. 

7. Manfaat Rebung Untuk Detoksifikasi Racun

Sejak zaman nenek moyang, orang India sudah menemukan bahwa ekstrak dari rebung sangat baik untuk menawarkan berbagai macam racun, terutama racun yang berasal dari bisa ular dan juga kalajengking dan berbagai binatang berbisa lainnya. 

8. Manfaat Rebung Untuk Agen Uterotonika

Salah satu penelitian yang disampaikan oleh Gruber dan O’brien pada sebuah universitas di Vienna sana menyatakan bahwa rebung merupakan salah satu tanaman yang bisa dipakai untuik Uterotonika. Uterotonika adalah kondisi di mana seorang ibu membutuhkan obat untuk perangsang agar proses kelahiran segera bisa terjadi. Nenek moyang orang Cina zaman dahulu menggunakan rebung sebagai salah satu obat untuk mempercepat proses melahirkan seorang wanita. biasanya ekstrak rebung ini diberikan pada masa-masa akhir kehamilan seorang wanita.

Baca juga : Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

9. Manfaat Rebung Untuk Mengobati Cacingan 

Mungkin diantara Anda yang memiliki anak yang masih balita dan susah makan mungkin anak Anda mengalami yang namanya cacingan. Nah, Anda bisa memanfaatkan rebung untuk mengatasi cacingan yang sedang menyerang anak Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar